47 Komentar

SITUS ALAM GUNUNG SUNDA


”SITUS ALAM GUNUNG SUNDA” begitulah tulisan yang saya lihat pada sebuah batu besar, ketika saya bersama para xentaler berniat hang – out di gunung burangrang.

kami memang tidak tahu jalan dari jakarta menuju gunung burangrang, namun seorang dari kami yakin bahwa gunung burangrang dapat ditembus melalui curug cijalu di desa cipancar. Karena waktu libur yang mepet kamipun memutuskan untuk pergi ke curug cijalu untuk menuju gunung burangrang.

kami sempat beristirahat semalam di areal curuk cijalu, banyak wisatawan lokal yang datang ke curug waktu itu. Beginilah suasana pagi hari di areal curuk cijalu.

kira kira jam sepuluh kami meneruskan perjalanan menuju ”Gunung Sunda”…

Tunggu dulu, kok jadi gunung sunda, kan tujuan kita gunung burangrang…? Ternyata oh ternyata…, informasi yang kami dapat dilapangan sangat jauh berbeda dari pandangan kami tentang gunung burangrang.

Kami harus melalui gunung sunda terlebih dahulu untuk menuju gunung burangrang. Tanpa buang waktu kamipun bergegas menuju puncak gunung sunda.

hutan di gunung sunda cukup terjaga dan bersih, mungkin karena gunung sunda sangat jarang dijadikan objek pendakian. kebanyakan yang datang ke gunung sunda untuk berziarah ke makam keramat yang ada di puncaknya.

Hari makin siang, perjalanan sedikit mendaki, dan jalur makin menyempit

Jam satu siang kami sampai di kompleks situs alam gunung sunda, yang kami sendiri tidak tahu akan sampai di tempat seperti ini. Dari kejauhan tampak tebing tinggi dengan sedimennya yang indah. Kami pun bergegas mendekatinya.

Gunung sunda merupakan hasil letusan dari gunung sunda purba ratusan tahun yang lalu. Gunung sunda purba di perkirakan berketinggian diatas 3500 mdpl, hal ini tampak dari hasil rekonstruksi para ahli geologi.

Tidak hanya gunung sunda yang terbentuk dari letusan Gunung sunda purba, gunung burangrang, gunung manglayang dan tangkuban-parahu juga terbentuk dari letusan gunung sunda purba.

Di gunung sunda ini terdapat situs bersejarah peninggalan zaman neolitikum berupa artefak artefak batu yang tersusun rapi di dalam kompleks situs alam gunung sunda.

situs situs ini sangat dikeramatkan oleh warga sekitar lereng gunung.

hari sudah hampir sore, melanjutkan perjalanan sudah tidak mungkin, sebab waktu kami hanya tinggal satu malam. kamipun turun diiringi hujan di tengah perjalanan, dan akhirnya bermalam di kebun teh. Suasana pagi di kebun teh sangat indah.

Masih banyak sudut sudut peninggalan prasejarah di area peninggalan gunung sunda purba yang belum sempat kami jelajahi. Semoga suatu saat rasa ingin tahu ini dapat terobati, amien. :D

About these ads

47 comments on “SITUS ALAM GUNUNG SUNDA

  1. klo dari curug cijalu k gn burangrang itu rutenya udh jelas belom kang?

  2. (y) ː̗̀(*)ː̖́ ♏ªήtªz ː̗̀(*)ː̖́ mas brooo,,,ƮhªϞƙ Ɣ☺ú ;) inponya lanjutkan

  3. good kemarin saya blm sampai puncak

  4. ada yg tao
    makam yg brgelar
    jagadbaya sama
    barung tunggal..
    Nama aslinya
    belum tau di daerah wanayasa purwakarta. Minta informasinya.
    Makasih

  5. ada yg tao makam yg brgelar jagadbaya sama barung tunggal.. Nama aslinya belum tau. Minta informasinya. Makasih

  6. sekali kali nya ngedaki gunung burangrang,eh pek teh cegat meong hideung!!!

    salam rimba sadayana!!!

  7. coba daki lewat situ lembang
    ajib pokona mah
    pintu masukna dari ciwangun parongpong bandung
    sampe situ lembang 4-5 jam selama perjalanan moal kuciwa

  8. ass.
    keren kang tempatnya,saya sudah beberapa kali ziarah bersama ua.dedi (alm)..
    udara&suasana hutan masi terjaga dgn baik…smoga tetap terjaga dngan baik.

  9. Bagus bgt,,, tapi kalo menyadur gambar dari situs lain.. Dikutip duooong…

  10. wih hebat tueh,,, boleh juga tueh

  11. Alhamdulillah.. telah menginjakan ke dua kaki ke gunung sunda..
    Dalam waktu malam.. di kaki gunung pukul 17.00 wib
    Nyampai puncak gunung sunda pukul 02.00wib..
    Dan banyak kish-kish yg unik di sana…

    • lebih asik lagi kalo nyampe ke gua jalannya ke sebelah kiri dari makam yg pake merah putih..kata pak kuncen kalo kita masuk ke sana harus mandi di dalam gua…kalo makam yg ada merah putihnya itu kita baru nyampe setengahnya dari gn sunda…ada lagi dipuncaknya yg namanya batu korsi dan curug prabu siliwangi….kata pak kuncen

  12. Ada yang punya No. Telp juru kunci yg bisa dihubungi??? Thank’s sebelumnya…

  13. kalo kata orang mah…
    gunung sunda purba gunung tertinggi didunia..
    saking tingginya itu gunung bisa keliatan dari negeri india.

  14. keren kang, sy pernah ke gn sunda lwt komando (sebelum ada larangan msk komando), msk areal gn papanggungan dibawah gn burangrang, berjalan diatas situ lembang. siiiip tuh jalan.salam lestari

  15. subhanalllah maha suci allah dengan segala penciptaannya di bumi..

  16. wah..keren…. mudah-mudahan ga hanya melihat dan mendatangi situs-situs gunung ato peninggalan yg ada di gunung.. tapi…mudah2an menjadi acuan untuk melestarikan budaya-budaya sunda yang sudah terkikis urban , bahkan telah hilang…. mari lestarikan budaya sunda kembali dan menjaga alamnya…..

  17. Sy jadi inget kampung dulu saya juga tinggal di sagalaherang , Curug cijalu tempat saya maen….

  18. sudah 2 kali saya datang ke situs yg di kramatkan seperti dlm foto, dengan tujuan berjiarah. menurut cerita tempat tsb merupakan tempat musyawarah para wali (wallohualam missawab).
    jika rekan2 berminat datang k tempat tsb, cobalah mampir ke rmh ustad sahri yg biasa mengantarkan sy, Insya Alloh beliau selalu bersedia mengantarkan…jg ke cikahuripan dan guanya….

  19. Saya pernah tinggal di Wanayasa dari th1956 – 1959 sekolah di SR 1, dan sering main ke kebun teh di daerah Legokbarong main ke desa Cileungsing dikaka Gunung Burangrang ke Situ ke Cisasarap dll. Wah indahnya alam pemandangan di daerah ini saya belum menemukannya lagi di tempat lain.

  20. Wah seruuu..,
    smpe sgtu-nya sy ja yg asli orang pwk lom tw jlas tmpat-ny, ooya knon kata org2 bila mandi dcurug ke-3 cipancar ada puteri cantik penunggu-nya lo0, tp sy lom tw kbenarannya.mksh

  21. Kalau ke gunung Sunda,mampir di gubuku ya. kebetulan aku tinggal diatas gunungnya. Kalau dari gubuk Aku,ke puncak cuman 15 mnt saja.

  22. saya pernah tinggal selama 3 bulan lebih d gunung sunda sekedar untuk mendekatkan diri dengan sang ilahi rabbi….sedikit info saat untuk menembus areal tersebut….
    rute yg paling saya sarankan adalah : melalui jalur subang dan arah wanayasa setelah itu melalu jalur desa pasawahan nanti ada desa bernama legokbarong anda ambil jalur kiri k arah desa cipanjar I dan dr sana bisa melalui desa nangka berit….untuk rute pertama
    rute ke dua melalui jalur juruk cijalu atawa melalui desa cipancar …perjalanan dr desa cipancar kurang lebih 2-3 jam mendaki.
    silahkan selamat mencoba….untuk info supranatural anda coba datang k rumah abah amsor sebagai guru spritual saya dan bisa datang ke situ purbakala ….gua bintang,atau ranca darah.d cipancar.
    mohon maaf buat segala salah apabila ada yg kurang berkenan.
    untuk info boleh kunjungi web saya
    http:\\johanes2001.wordpress.com atau email suhutenglang@yahoo.com….terimakasih atawa 022 -92553528

  23. yaah semua itu adalah kehendak yang maha kuasa…..kebetulan rumah saya terletak di kaki gunung burangrang tepatnya di desa sumurugul…didesa tsb jg ada curug namanya curug cipurut…dari atas curug cipurut tsb jg kita dapat menuju puncak gn. burang burangrang namun pendakian sangatlah sulit karena medan yg sangat curam….yg terdekat menuju gunung sunda adalah melintasi desa pesanggrahan dimana didesa tsb terdapat situs-situs purba dan terdapat makam keramat yg letaknya diatas gundukan bukit, menurut penduduk setempat jika berada didesa tersebut jgn sekali-kali membunyikan atau memainkan alat musik……inilah sedikit cerita tentang gunung burangrang dan gunung sunda semoga dapat menambah informasi tentang gunung tsb. trims

  24. katanya trdpt 4 curug d g. sunda.. sy wktu itu hanya smpe curug ke 3.. wktu itu qt smpat bngung menyusuriny shg akhirny kmbali lg k curug yg ke3 stlah hmpir sharian mnnyusuri tebing2 terjal.. mgkn mz prnah smpe curug yg ke 4? trs apa bnr d puncak ada patung kera?

  25. wah,… aq 2thn ksna
    program pndididkan Alam
    bagus jg alamnya
    cobain deh
    g.kukusan
    g.wayang
    g.sunda
    brsbelahan kok,..

  26. waah baru tahu saya…ada situs gunung sunda purba wah situs alam yang akan banyak bercerita jika kita bawa ahlinya seperti Dr. budi brahmatyo atau T bachtiar ya

  27. wooaaallaa keren banget!!

  28. Tepat lokasinya dimana yah…??? Daerah SUKABUMI-kah… :roll:

  29. oke badra… nanti kita…
    lanjutkan menembus burangrang…:P

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: