1 Komentar

Goa terbesar di Dunia ditemukan di Vietnam


hang-son-doong-cave-photo-1

13 orang asal Inggris yang tergabung dalam British Caving Team mengklaim telah menemukan sebuah gua terbesar didunia yang terdapat di Hang Son Doong Vietnam, gua ini sering di sebut Hang Son Doong atau Mountain River Cave.

Hang Son Doong atau berarti goa sungai pegunungan itu ditemukan pertama kali oleh penjaga hutan bernama Ho Khanh pada 1991. Namun, tak seorang pun yang pernah menelusurinya karena besarnya dan tekanan angin yang tinggi karena adanya sungai bawah tanah yang sangat besar.

Dalam ekspedisinya pertengahan april lalu British Caving Team dibantu oleh Hanoi University of Science, yang melaporkan bahwa Hang Son Doong mempunyai tinggi 198.12 meter dengan lebar 152.4 meter dan berarti gua ini dua kali lebih besar dari gua terbesar yang terdapat di Sarawak, Malaysia dengan nama Deer Cave yang mempunyai tinggi 91.44 meter dengan lebar 82.29 meter.

Ekspedisi ini memakan waktu 5 hari di taman nasional Phong Nha-Ke Bang, Vietnam. Adam Spillane, anggota tim British Caving Team mengatakan “Ini benar-benar merupakan gua terbesar yang luar biasa dan merupakan salah satu gua yang pernah ditemukan oleh British Caving Team”.
Gua ini mempunyai panjang 6.5 km dengan dinding yang terlapis oleh Calcite (Carbonate Mineral) yang mempunyai pajang 45 meter yang menempel di setiap dinding gua.

One comment on “Goa terbesar di Dunia ditemukan di Vietnam

  1. gue pikir mammoth cave di US yang paling gede

Tinggalkan Balasan

