Tinggalkan komentar

Intel Atom


intel atom

Intel Atom diklaim oleh Intel sebagai prosesor terkecil, dibuat dengan teknologi baru yang disebut “hafnium infused 45 nanometer high-k silicon” yang disingkat dengan sebutan teknologi 45 nanometer.  Prosesor yang besarnya kurang dari 26 milimeter persegi itu mengandung 47 juta transistor.

Selain terkecil dalam ukuran, Atom juga diklaim kecil dalam mengonsumsi daya. yaitu membutuhkan daya kurang dari 1 watt sampai 2,5 watt. sehingga cocok untuk perangkat mobile karena akan hemat baterai.
Produk perangkat bergerak seperti netbook dan nettop yang beredar saat ini sudah ada yang dilengkapi dengan Intel Atom, netbook adalah sebuah perangkat yang mirip dengan notebook hanya saja berukuran lebih kecil dan digunakan khusus untuk berinternet. contohnya Asus Eee PC 901, MSI Wind, Axioo Pico dan Acer Aspire One. sedang nettop dibuat untuk berinternet juga hanya saja nettop bukan perangkat bergerak, nettop tak ubahnya desktop hanya saja fungsinya khusus untuk berinternet.

Intel Atom ini menggunakan desain arsitektur yang benar-benar baru, jadi tidak mengadaptasi arsitektur prosesor yang sudah ada. selain hemat energi Atom juga memberikan performa yang baik untuk berinternet, Intel Atom memiliki FSB (Front Side Bus) dengan kecepatan sampai 533 MHz, prosesor ini juga mendukung multi-threading. Performa multimedia dan game juga digenjot dengan adanya dukungan untuk Streaming SIMD Extensions 3 (SSE3). Tetapi jangan harap game tiga dimensi bisa berjalan mulus di perangkat Atom. karena Atom memang dibuat bukan untuk main game, melainkan untuk berinternet.

Sebelum Atom diluncurkan, Intel mengumumkan dua prosesor baru dengan nama kode Silverthorne (Atom Z) dan Diamondville (Atom N). prosesor yang pertama dibuat untuk perangkat UMPC yaitu ultra-mobile PC. sedang prosesor kedua dibuat untuk netbook atau notebook kelas hemat.

Intel Atom processor merupakan brand terbaru processor Intel berbasiskan x86 CPU dan merupakan processor terkecil yang pernah dibuat Intel dan tercepat didunia untuk kelas processor di bawah 3 watts, dulunya dikenal dengan nama sandi Silverthorne dan Diamondville, didesign menggunakan teknologi 45nm dengan microarchitecture yang sama dengan Core 2 Duo (merom), dan processor ini diperuntukan untuk umpc (ultra-mobile pc), smartphone maupun perangkat yang membutuh processor dengan daya rendah.
Silverthorne nantinya dikenal sebagai Atom Z series dan Diamondville nantinya dikenal sebagai Atom N series. Silverthorne akan digunakan untuk peralatan mobile internet, menggantikan processor Intel A100, dengan konsumsi daya yang lebih sedikit dan kecepatan yang menyamai bahkan melebihi pendahulunya. Pada bulan April, 2008 bertepatan dengan event IDF di Shanghai, Intel meluncurkan Intel Centrino Atom processor technology yang dulu bernama sandi “Menlow”.
Platform ini terdiri dari Intel Atom processor (Silverthorne) dengan chipset Intel System Controller Hub UL11L, US15L, US15W serta wireless chipset untuk Wifi, 3G atau Wimax. Anda hanya akan menemukan Intel Centrino Atom di peralatan mobile internet saja. Untuk semua model Silverthorne mendukung: MMX, SSE, SSE2, SSE3, Enhanced Intel Speedstep Technology (EIST),😄 bit, serta Hyperthreading Technology dan Virtualization Technology di model Z520, Z530 dan Z540. Untuk list lengkap Silverthorne processor adalah sebagai berikut:ModelFreqL2HTFSBVoltageTDPZ500800 MHz512 KBNo400 MHz0.80 – 1.1 V160 mWZ5101100 MHz512 KBNo400 MHz0.85 – 1.1 V220 mWZ5201333 MHz512 KBYes533 MHz0.85 – 1.1 V220 mWZ5301600 MHz512 KBYes533 MHz0.85 – 1.1 V220 mWZ5401800 MHz512 KBYes533 MHz0.85 – 1.1 V220 mW.

Sedangkan Diamondville akan dipakai di Netbook ataupun Nettop. Processor ini mengusung seri N. Konsumsi daya untuk Diamondville lebih besar dibandingkan dengan Silverthorne, antara 2 – 8W. Untuk processor yang digunakan di Nettop N230, tidak mendukung EIST tetapi mendukung Intel 64.ModelFreqL2HTFSBVoltageTDPN2301600 MHz512 KBYes533 MHz0.90 – 1.1625 V4 WN2701600 MHz512 KBYes533 MHz0.90 – 1.1625 V2.5 W.

Beberapa kelebihan prosesor Intel Atom adalah :

* Menggunakan perangkat baru untuk lebih mengefisienkan daya dengan performa yang baik sekali yang digunakan oelh seluruh teknologi baterai hafnium-infused 45nm high-k silicon yang baru
* Kenaikan efisiensi daya dalam desain baru yang lebih kecil sehingga daya yang digunakan kurang dari 1W hingga 2.5 watts untuk penggunaan perangkat mobile
* Memperpanjang umur baterai ketika waktu idle sehingga membuat daya yang digunakan relatif sangat kecil yang membuat perangkat tetap memiliki daya dan juga akan mengawetkan energi

Secara keseluruhan berdasar pada microarsitektur yang baru, prosesor Intel® Atom™ dibuat secara spesifik untuk sasaran performa dan penggunaan daya yang kecil (low power) ketika menggunakan seluruh microarsitektur instruction set compatibility dari Intel® Core™. Intel® Atom™ processor juga mendukung berbagai thread untuk performa dan peningkatan sistem yang lebih baik.

Kelemahannya adalah :

kinerja rendah
tidak multicore.
hanya cocok digunakan untuk kalangan terbatas saja
(tidak untuk gamer, design grafis, video editing, dll)
hanya cocok digunakan untuk kalangan terbatas saja
(tidak untuk gamer, design grafis, video editing, dll)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: