Tinggalkan komentar

UBUNTU Netbook Remix & instalasinya


ubuntu kaca

Hallo kawan kawan, mungkin banyak dari kalian yang memiliki netbook alias laptop berukuran mini dengan layar 12”. Netbook awalnya didesain sebagai laptop kecil dengan kemampuan komunikasi wireless, internet access dan aplikasi perkantoran saja. Beratnya juga terus dijaga agar tetap enteng yaitu sekitar 1 kg dan daya tahan baterai yang lebih lama.

Ada hal yang saya sayangkan saat ini, yaitu hampir semua netbook berhard-disk datang dengan propietary software. Linux disisakan bagi netbook dengan media penyimpanan Solid State Disk (SSD). Padahal SSD memiliki kemampuan baca tulis yang lebih lambat dengan harga permegabyte lebih mahal. Walaupun akan lebih hemat daya dan bobot lebih ringan.

Kenyataan ini menunjukkan propietary software yang mahal itu tidak akan muat dan akan berjalan terseok-seok di SSD. Propietary software juga membutuhkan lebih banyak ruang untuk file-file sampahnya dan penampungan untuk koleksi virus dan trojan yang bisa di dapat dengan mudah dan gratis di internet, sehingga tidak layak untuk digunakan di SSD.
Menggunakan linux sebagai sitem operasi di netbook memberikan beberapa alternatif. Acer AspireOne datang dengan Linpus, Asus EeePC mengusung Xandros. Keduanya adalah os yang khusus didesain untuk netbook. Selain itu, pengguna bisa memilih menggunakan linux desktop standar sesuai selera.

Ubuntu Netbook Remix

Untuk memperluas varian distro ubuntu untuk dapat digunakan optimal di netbook sudah dimulai sejak 2007. Sebuah kelompok kecil di UbuntuEee menghack ubuntu 8.04 dan mengeluarkan UbuntuEee 8.04.1.
Setelah menunggu setahun, Ubuntu kemudian secara resmi mengeluarkan Ubuntu Netbook Remix (UNR) melengkapi varian ubuntu yang sudah ada. Walaupun diakui oleh Mark Shuttleworth bahwa agak terlambat tapi kehadirannya sangat bermanfaat bagi pengguna netbook.

UNR dengan tampilan yang tidak biasa telah menjadikan netbook yang murah meriah tampak lebih stylish.

Seperti tampak pada gambar di bawah ini, menu tersusun rapi di sebelah kiri dan pengeloaan berkas serta drive di sebelah kanan. Tampilan icon yang besar dan akan membesar jika pointer diletakkan diatasnya membuat tampilan ini enteng dimata.

unr01

jika teman teman tertarik menginstal Ubuntu Netbook Remix (UNR) di netbook teman teman download file image UNR-nya di sini. Lalu ikuti langkah berikut ini :

Windows

win32imagewriter.jpg

  1. Download .img file
  2. Download Disk Imager dari https://launchpad.net/win32-image-writer/+download
  3. Pasang flash disk
  4. Kenali huruf yang dikenali sebagai flashdisk
  5. Start Disk Imager
  6. Pilih .img dan huruf flashdisk, dan klik “Write”
  7. Lepas flashdisk jika proses sudah selesai.

Ubuntu

usb-imagewriter.png

  1. Download .img file
  2. Install paket usb-imagewriter
    • If your release does not include this, download it from Oliver’s PPA
  3. Buka Applications -> Accessories -> Image Writer
  4. Pasang flash disk
  5. Pilih file .img dan flashdisk dan klik “Write to Device”
  6. Lepaskan Flashdisk saat proses sudah selesai

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: