SITUS ALAM GUNUNG SUNDA


”SITUS ALAM GUNUNG SUNDA” begitulah tulisan yang saya lihat pada sebuah batu besar, ketika saya bersama para xentaler berniat hang – out di gunung burangrang.

kami memang tidak tahu jalan dari jakarta menuju gunung burangrang, namun seorang dari kami yakin bahwa gunung burangrang dapat ditembus melalui curug cijalu di desa cipancar. Karena waktu libur yang mepet kamipun memutuskan untuk pergi ke curug cijalu untuk menuju gunung burangrang.

kami sempat beristirahat semalam di areal curuk cijalu, banyak wisatawan lokal yang datang ke curug waktu itu. Beginilah suasana pagi hari di areal curuk cijalu.

kira kira jam sepuluh kami meneruskan perjalanan menuju ”Gunung Sunda”…

Tunggu dulu, kok jadi gunung sunda, kan tujuan kita gunung burangrang…? Ternyata oh ternyata…, informasi yang kami dapat dilapangan sangat jauh berbeda dari pandangan kami tentang gunung burangrang.

Kami harus melalui gunung sunda terlebih dahulu untuk menuju gunung burangrang. Tanpa buang waktu kamipun bergegas menuju puncak gunung sunda.

hutan di gunung sunda cukup terjaga dan bersih, mungkin karena gunung sunda sangat jarang dijadikan objek pendakian. kebanyakan yang datang ke gunung sunda untuk berziarah ke makam keramat yang ada di puncaknya.

Hari makin siang, perjalanan sedikit mendaki, dan jalur makin menyempit

Jam satu siang kami sampai di kompleks situs alam gunung sunda, yang kami sendiri tidak tahu akan sampai di tempat seperti ini. Dari kejauhan tampak tebing tinggi dengan sedimennya yang indah. Kami pun bergegas mendekatinya.

Gunung sunda merupakan hasil letusan dari gunung sunda purba ratusan tahun yang lalu. Gunung sunda purba di perkirakan berketinggian diatas 3500 mdpl, hal ini tampak dari hasil rekonstruksi para ahli geologi.

Tidak hanya gunung sunda yang terbentuk dari letusan Gunung sunda purba, gunung burangrang, gunung manglayang dan tangkuban-parahu juga terbentuk dari letusan gunung sunda purba.

Di gunung sunda ini terdapat situs bersejarah peninggalan zaman neolitikum berupa artefak artefak batu yang tersusun rapi di dalam kompleks situs alam gunung sunda.

situs situs ini sangat dikeramatkan oleh warga sekitar lereng gunung.

hari sudah hampir sore, melanjutkan perjalanan sudah tidak mungkin, sebab waktu kami hanya tinggal satu malam. kamipun turun diiringi hujan di tengah perjalanan, dan akhirnya bermalam di kebun teh. Suasana pagi di kebun teh sangat indah.

Masih banyak sudut sudut peninggalan prasejarah di area peninggalan gunung sunda purba yang belum sempat kami jelajahi. Semoga suatu saat rasa ingin tahu ini dapat terobati, amien. 😀

Iklan

54 thoughts on “SITUS ALAM GUNUNG SUNDA

  1. Asslamualaikum….
    saya hanya sebagai perantara untuk menyampaikan tentang pesugihan tanpa tumbal nyawa manusia/keluarga, Karena tidak semua jenis pesugihan harus memakai tumbal manusia dan beresiko untuk keluarga, jika anda mencari pesugihan dengan hasil cepat dan aman, saya memberikan solusi penarikan dana ghoib, diperoleh melalui ritual doa-doa dzikir khusus sehingga jauh dari hal-hal klenik/mistik yang tentunya dilarang oleh Agama. SAYA SENDIRI SUDAH BUKTIKAN ALHAMDULILLAH BERHASIL. Saat saya menghubhngi pak.kyai, katanya pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan penarikan uang gaib dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti dan hanya 2 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 2Milyar yang saya minta benar-benar ada di tangan saya. jika ada teman-teman yang mengeluhkan nasibnya, saya menyarankan untuk menghubungi kyai shole pati agar di berikan arahan. jika ingin konsultasi silahkan hubungi KH.SHOLE PATI di 0852-1905-3025. atau kunjungi dulu wibsitenya agar lebih di mengerti http://pesugihanpatishole.blogspot.co.id

    SYARAT YANG HARUS DI LAKUKAN ADALAH … !!!
    BERJANJI DAN BERSAKSI BAHWA TIADA TUHAN SELAIN ALLAH,
    DAN NABI MUHAMMAD ADALAH UTUSAN ALLAH.
    SIAP MEMULAI HIDUP YANG BARU, YANG ARTINYA MELAKSANAKAN
    PERINTAH ALLAH DAN MENJAHUI SEMUA LARANGNYA.
    SIAP MENGERJAKAN 5 PEKERJAAN DALAM 1 HARI,YAITU SHOLAT 5 WAKTU
    SECARA RUTING HINGGA AJAL MENJEMPUT,..SUBAHANALAH…!!!!

    dari situlah saya sangat tertarik dan kagum.
    terimakasi KH.SHOLE PATI,WASALAM HJ.IRMA YANTI.

  2. uti berkata:

    Ramadhan ini saya naik gunung sunda lewat jalur curug yang kedua, jalurnya sudah tertutup dengan rotan. 2 jam baru tembus jalan setapak yang biasa disebut warga ‘jalan raya’. Kalau di postingan ini lewat jalur mana ya? sepertinya dari jalur curug kedua ya? karena mungkin saja 5 tahun yang lalu jalur yang saya lewati itu seperti pada gambar di atas. hihi

  3. uti berkata:

    Ramadhan ini saya naik kesana lewat jalur scrambling . Naik dari persimpangan sebelum curug kedua tapi gagal ke puncak karena jalur tersebut sudah tertutup rotan sangat lebat. yang diartikel ini via “jalan raya” kah? jalur pendakian sebelum gate in curug cijalu?

  4. aya naon ningali naon ekeur naon kitu,,sok cerita keun hasilna aya naon si asep si ujang si nyai si eneng ekur naon kitu diditu aya naon ,,,sok cerita keun …..

    • tidak ketemu apa apa kang, cuma ketemu orang orang yang mau ziarah saja.
      kami niatnya sih pengen ke gunung burangrang, tapi info yang minim membuat kami malah mendapatkan pengalaman baru..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s