6 Komentar

witricity – WIRELESS ELECTRICITY


teori fisika terus berevolusi beriringan dengan perkembangan teknologi, mulai dari penemuan lampu pijar oleh T.A Edison, penghantar energi melalui medan magnet oleh Nikola Tesla, hingga kini perkembangan semakin pesat.

mungkin sebentar lagi kita akan meninggalkan zaman kabel (wire) dan benar benar memasuki era wireless, tiap hari dapat kita temui gadget gadget baru berbasis koneksi wireless menghunjam pasar elektronik dan komputer.

penemuan yang cukup santer beberapa tahun belakangan ini tentang wireless adalah wireless electricity. sebuah teknologi pemindahan energi listrik tanpa kabel, sekarang lazim disebut witricity. witricity akan menjamin gadget gadget yang membanjiri pasar elektronik saat ini dapat men-charge baterai dengan sendirinya tanpa bantuan charger. bahkan witricity memungkinkan beberapa gadget dapat digunakan tanpa menggunakan baterai.

PRINSIP KERJA WITRICITY

terdapat dua buah kumparan tembaga yang beresonansi dengan frekuansi yang sama dan masing masing berdiameter 20 inches. kumparan tembaga yang pertama terhubung ke sumber listrik (stransmitter), dan kumparan tembaga yang lainnya terhubung dengan perangkat (receiver) yang membutuhkan listrik.

tenaga listrik yang berasal dari sumber listrik membuat kumparan tembaga berosilasi pada frekuensi (MHz) tertentu. selanjutnya ruang disekeliling kumparan tembaga tersebut akan terisi dengan radiasi non-magnetik. hal ini akan menciptakan medan magnet yang akan mentransfer energi ke kumparan tembaga yang lain yang terhubung ke receiver.

Dengan frekuensi yang sama pada kedua buah kumparan tembaga, maka kumparan yang terhubung dengan receiver tadi mampu berosilasi dalam frekuansi yang sama dengan kumparan tembaga yang pertama. prinsip ini disebut ”’coupled resonance system”.

PENEMU WITRICITY

orang yang membuktikan bahwa prinsip coupled resonance” dapat mentransfer energi listrik tanpa kabel (wireless) adalah Prof. Marin Soljacic dari Massachusetts  Institute  of  Technology (MIT). yang menarik dari ide penemuan ini adalah rasa muak Soljacic pada bunyi ”beep” yang selalu timbul saat hanphone-nya mengalami low-battery.

Soljacic berusaha menemukan pemecahan masalah ini dengan mencari fenomena fenomena fisika yang terkait akan hal ini yang mungkin dapat membantu masalahnya, hingga akhirnya ia teringat teori induksi elektromagnetik penemuan Michael Faradaydan akhirnya ia gunakan sebagai landasan memecahan masalah.

EKSPERIMEN SOLJACIC


pada tahun 2007 Prof. Marin Soljacic memimpin sebuah tim peneliti dati MIT yang didanai oleh Army Research Office, National Science Foundation and the Department of Energy. dalam eksperimennnya Solljacic bersama timnya berhasil menyalakan bola lampu 60 watt yang diletakkan sejauh 7 kaki dari sumber energi listrik, dengan menggunakan prinsip kerja witricity.

Kumparan tembaga yang pertama berdiameter 24 inches terhubung langsung ke sumber listrik, dan kumparan tembaga yang ke dua terhubung ke bola lampu yang beresonansi pada frekuensi 10 MHz. Bola lampu menyala,  bahkan ketika kedua kumparan diberi penghalang sebuah dinding kayu, sistem tersebut bekerja dengan efisiensi sekitar 40% dan energi yang tidak digunakan akan tinggal disekitar transmiter tanpa mempengaruhi lingkungan sekitar. hal ini menjamin bahwa tidak ada energi listrik yang terbuang sia-sia.

Dr. Aristeidis Karalis mengatakan bahwa ”’coupled resonance system” satu juta kali lebih efisien ketimbang penemuan Nikola Tesla tentang konduksi berbasis sistem resonansi medan magnet.

HOW SAFE IS WITRICITY…?


manusia atau benda yang berada di antara transmitter dan receiver tidak akan mengurangi daya transmisi dari witricity. peneliti dari MIT sangat yakin bahwa ”coupled resonance system” dari witricity aman untuk manusia. mereka mengatakan bahwa medan magnet cenderung sangat lemah pengaruhnya terhadap jaringan kulit pada tubuh manusia, jadi akan sangat sulit untuk menyebabkan kerusakan pada tubuh manusia.

para peneliti dari MIT ini masih mengkaji lebih dalam tentang isu isu kesehatan yang tekain dengan konsep witricity, mereka mengatakan akan kembali tiga atau lima tahun lagi dengan sistem witricity untuk tujuan komersial. Witricity akan mengubah gaya hidup kita menjadi semakin canggih…

6 comments on “witricity – WIRELESS ELECTRICITY

  1. cara memperpanjang jarak jangkaun gmna bos maksimal 5 meter

  2. wow keren ada yg mu eksperimen mari bergabung denga saya….

  3. Saya terteraik untuk mempelajari hal ini… TQ infonya Master…

  4. waduh mumet
    ulas rangkaian amplifier dumz bos
    hehe gaptex tapi
    pengen N7474L

    thank’s kunjunganya
    di kedai kami
    Heboh !! Ibu hamil muda mengeluarkan sapi !! ajaib
    thank’s sobat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: