31 Komentar

Memahami Instalasi PHP dengan Apache2Triad


Jika anda ingin membuat website dengan dukungan database, anda dapat menggunakan program freeware yang saat ini terbilang popular, yaitu PHP, dan MySQL untuk databasenya.

PHP dan MySQL dapat anda dapatkan sebagai sebuah paket dalam satu aplikasi, yaitu Apache2Triad. Apache2Triad yang akan kita bahas saat ini adalah versi 1.5.4. Paket PHP tersebut sudah mendukung PHP 5, MySQL 5, dan Apache 2 serta phpMyadmin yang akan digunakan sebagai tools pembuat database.

Jadi, sekali menginstal paket lengkap dari Aphace2Triad, anda akan mendapatkan beberapa fasilitas pendukung sebagai berikut :

  • Webserver          : Aphace2
  • Programming      : PHP, Perl dan Python
  • Database            : MySQL dan PostgreSQL Server
  • Tools Database   : phpMyAdmin, pgMyAdmin

MENGINSTAL APACHE2TRIAD

Apache2Triad adalah paket web programming lengkap yang dapat digunakan secara gratis dan legal. Untuk mendapatkan paket installer-nya anda dapat mendownloadnya dari situs resminya http://apache2triad.net.

Setelah anda mendapatkan installernya anda dapat langsung menginstalnya dengan mengklik 2 kali pada file installer tersebut. Sekali lagi saya ingatkan disini saya menggunakan apache2trian versi 1.5.4.

Selanjutnya akan muncul jendela Installation Options, hilangkan checklist pada salah satu tool yang tidak akan disertakan. Pada contoh dibawah kita tidak akan menginstal database PostgreSQL beserta ODBCnya.

Jika sudah, klik tombol next.

Pada jendela Installation Folder, pilih folder tujuan instalasi. Secara default akan terinstal pada forder C:\apache2triad.

Klik next untuk melanjutkan.

Pada halaman set password, masukkan password (kata kunci) pada kedua kotak yang tersedia (minimal * digit).

Klik next jika selesai membuat password.

Klik tombol I Agree untuk memulai instalasi.

Tunggu hingga proses selesai.

Jika proses selesai dengan benar maka akan timbul konfirmasi seperti berikut:

klik ok untuk melanjutkan

Saat mendapatkan halaman konfirmasi “Enter the password for apache2triad :” tekan saja tombol enter jika tidak ingin memasang password.

Untuk yang terakhir kalinya akan timbul jendela konfirmasi untuk merestart computer anda, maka computer akan merestart untuk menjalankan aplikasi pada saat start-up.

MEMAHAMI FOLDER APACHE2TRIAD

Folder Apache2Triad dapat anda temui pada direktori C:\apache2triad, jika anda tidak mengubahnya pada proses instalasi yang telah kita lakukan sebelumnya. Dengan menggunakan windows explorer, susunan folder hasil instalasi dapat dilihat sebagai berikut :

Tampak bahwa terdapat beberapa sub-folder yang berada di bawah folder utama apache2triad, untuk memahami setiap fungsinya, berikut penjelasannya :

  • Bin               : folder utama dari apache2 webserver.
  • Conf             : folder berisi file-file untuk konfigurasi apache2 webserver.
  • ftp                : folder berisi tools FTP (file transfer protocol).
  • Htdocs         : folder utama untuk menyimpan data data web yang telah kita buat, baik PHP maupun HTML biasa. Pada folder ini kita dapat menbuat subfolder sendiri untuk mengelompokkan file yang telah kita buat.
  • Manual         : folder yang didalamnya terdapat manual program dan database, termasuk manual PHP dan MySQL.
  • Mysql           : folder utama untuk database MySQL server. Didalamnya terdapat subfolder data untuk merekan semua nama database, serta subfolder bin yang berisi tools klien dan server MySQL.
  • Pgsql            : folder utama untuk database postgreSQL Server.
  • Perl               : folder utama untuk program Perl.
  • Php               : folder utama untuk program PHP.
  • Python          : folder utama untuk program python.

MENGAKSES CONTROL PANEL APACHE2TRIAD

Setelah Apache2Triad selesai diinstal, anda akan mendapatkan folder program didalam Start Menu. Unutk mengaksesnya, kita bias nengklik tombol StartAll Programs, biasanya terletak paling atas.

Apache2Triad sudah menyediakan tools berupa Control Panel berbentuk web yang berguna untuk mengontrol servis database MySQL. PostgreSQL an Apache2 web server. Anda dapat melakukan konfigurasi semua setting dengan tools ini. Nama tools-nya adalah Apache2Triad CP, dapat diakses melalui Start – All Programs – Apache2Triad – Apache2TrianCP.

Jika ada jendela konfirmasi yang meminta Otentikasi, ketikkan “root” untuk user name dan masukkan password yang telah kita buat pada step sebelumnya.

Kllik tombol ok untuk melanjutkan.

Jika password yang anda masukkan benar maka anda langsung dihadapkan dengan halaman utama Control Panel berbentuk web, seperti ini :

MENGKONFIGURASI SETTING

Dari halaman utama Control Panel, anda dapat mengatur setiap setting komponen program yang didukung Apache2Triad, termasuk mengatur setting Apache2 webserver dan MySQL. Caranya, buka halaman Control Panel. Perhatikan pada kotak bagian Servers, Anda akan mendapatkan kelompok pengaturan Apache seperti berikut :

MENJALANKAN SERVIS

Jika anda menginstal paket Apache2Triad secara penuh, maka beberapa servis penting seperti Apache2 dan MySQL secara otomatis sudah dijalankan saat start-up. Sebagai admin, anda dapat mematikan setting otomatis tersebut dan bias nmenghidupkan atau mematikan servis yang sudah berjalan dengan cara, buka halaman Control Panel. Di bagian paling bawah halaman ada kotak “services/prosesses ?

Dari gambar diatas, nama servis yang ber-checklist berarti aktif dan berjalan secara otomatis saat start-up windows.

Klik tombol stop jika ingin menghentikan proses salah satu servis.

MENCOBA KEBERHASILAN INSTALASI

Syarat utama agar anda dapat mengakses file PHP atau HTML yang telah anda buat adalah dukungan servis Apache2 webserver yang sudah berjalan. Setelah itu, maka anda dapat mengakses semua folder dan file program yang terletak pada C:\apache2triad\htdocs.

Caranya adalah, buka browser ketikkan alamat http://localhost/. Pada addess bar. Lalu tekan enter.

Jika berhasil maka tampilannya adalah seperti ini :

Demikian artikel ini saya buat berdasar dari buku karya Bunafit Nugroho, terbitan media kita. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Artikel lain yang terkait pembuatan website akan menyusul segera.

Salam hangat Jaya Subagja…😀

31 comments on “Memahami Instalasi PHP dengan Apache2Triad

  1. mas, numpang nanya? kenapa ya saya tidak bisa membuka localhost/phpmyadmin yg user:root/passwordnya:password? sedangkan yg lainnya bisa kebuka dengan root dan password diatas seperti localhost/phpsftpd? tolong penjelasannya? Makasih.

  2. Saya Manggil Apache2TrianCP. tidak bsa , dn manggil localhost jga ga bsa .. Mohon Petunjuknya

  3. […] phpMyAdmin adalah aplikasi berbasis web yang dapat disebut juga sebagai tools yang berguna untuk mengakses database MySQL Server dalam bentuk tampilan web. Tools ini secara standard telah tersedia pada saat menginstal paket PHP, seperti apache2Triad yang proses instalasinya telah kita bahas pada artikel ini. […]

  4. […] phpMyAdmin adalah aplikasi berbasis web yang dapat disebut juga sebagai tools yang berguna untuk mengakses database MySQL Server dalam bentuk tampilan web. Tools ini secara standard telah tersedia pada saat menginstal paket PHP, seperti apache2Triad yang proses instalasinya telah kita bahas pada artikel ini. […]

  5. Makasih ya buat info nya..

  6. […] phpMyAdmin adalah aplikasi berbasis web yang dapat disebut juga sebagai tools yang berguna untuk mengakses database MySQL Server dalam bentuk tampilan web. Tools ini secara standard telah tersedia pada saat menginstal paket PHP, seperti apache2Triad yang proses instalasinya telah kita bahas pada artikel ini. […]

  7. tx 2 x..bos..sy dah install apache triad , pertama sdh bisa dibuka, saat menjalankan mysql sy lupa semua adminnya sy delete…sehingga ke phpmyadmin gak bisa sama sekali,katanya ditolak…krn itu sy coba unintall apachetriad-nya…kemudian sy coba ulang install dari awall….
    stlh itu saya tidak bisa buka lagi apachen…gak ngerti ni boz…bisa bantu kira2 ada masalah dimana???? please..tx

  8. tx…bos…sy sdh ikuti smua prosedur :..namun pada saat akhir untuk masuk
    http://localhost/phpmyadmin/.. bgm ya bagaimana bosss?

  9. kalo mau update PHP ato SQLnya aja gmn om?

  10. Sebelumnya terima kasih atas informasi ini, berkat ini saya lebih memahami cara membuat localhost. dan ada yang ingin saya pertannya kan, kenapa mysql saya tidak jalan. saya menggunakan apache2triad 2.2.0. report kesalahannya adalah:

    phpMyAdmin – Error

    gagal loading ekstensi mysql,mohon periksa kembali konfigurasi PHP. – Dokumentasi

    terima kasih

  11. mas, saya setelah masuk browser http://localhost lalu di enter kok ga muncul apa2 yaa?
    minta bantuannya yaa mas..thx🙂

  12. matur suwun tutorial’nya bossssss!!!!

  13. saya pakai indobilling yang ada Mysqlnya.
    apakah indobilling saya tidak terganggu bila saya install apache2triad ini?

  14. makasih bgt pakdhe artikelnya ,,, jadi rada ngerti ttg apache ,,,
    tambah lg donk artikelnya ,,,😀

  15. makasih kang, sangat membantu artikelnya…..

  16. sangat membantu kang…. makasih artikelnya, lain kali lebih panjang getooo,🙂

  17. Instal di win server 2003 gmn?

  18. klo paket postgis jadi satu dengan apache2triad g?

    • postgis itu ada dalam postgreSQL ya…?
      dalam instalasi ini saya ga pake pstgreSQL, pakenya MySQL.
      pada instalasi ini saya ga nemuin postGIS mas…
      maaf kalo jawabannya mengecewakakn…😀

  19. […] PDRTJS_settings_112437_post_663 = { "id" : "112437", "unique_id" : "wp-post-663", "title" : "Pengetahuan+Dasar+Database+MySQL+dalam+phpMyAdmin+", "item_id" : "_post_663", "permalink" : "http%3A%2F%2Fjayagila.wordpress.com%2F2010%2F03%2F03%2Fpengetahuan-database-mysql-dalam-phpmyadmin-dasar%2F" } phpMyAdmin adalah aplikasi berbasis web yang dapat disebut juga sebagai tools yang berguna untuk mengakses database MySQL Server dalam bentuk tampilan web. Tools ini secara standard telah tersedia pada saat menginstal paket PHP, seperti apache2Triad yang proses instalasinya telah kita bahas pada artikel ini. […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: