8 Komentar

Merancang Database CMS Sederhana


Setelah kita membahas Instalasi PHP dengan Apache2Triad dan mempelajari Dasar Database MySQL dalam phpMyAdmin sekarang waktunya kita untuk merancang database sebuah CMS.

Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah membuat sebuah database baru. Caranya adalah dengan mengisi text box Ciptakan Database Baru pada kolom MySQL.

pilih nilai kosong pada combo box penyortiran, lalu klik Ciptakan.

jika pembuatan database berhasil, maka nama data base baru akan timbul di combo box database sebelah kiri.

Langkah kedua adalah membuat tabel Admin. Caranya dengan masuk kedalam database yang sudah kita buat tadi, lalu ketikan nama tabel di text box yang tersedia, dengan 2 buah field yaitu: userID (untuk penyimpanan nama user) dan passID (untuk penyimpanan password).

setelah itu klik Go.

setelah itu kita akan dibawa ke halaman pengeditan tabel, disini ketikkan semua nama atribut(userID, passID) pada kolom field lalu isi juga tipe dan ukuran panjang sesuai kebutuhan anda.

Jangan lupa untuk memberikan atribut primary key pada field userID dengan cara memilih pada radio button di bawah ikon konci.

Jika sudah baru klik tombol simpan di bagian bawah form. Sesaat setelah tabel tercipta, maka akan timbul perintah dasar SQL beserta struktur tabel yang sudah jadi.

pembuatan tabel Admin telah selesai.

Langkah ketiga adalah membuat tabel Buku Tamu, caranya sama dengan membuat tabel admin. Berikut rancangan tabel Buku Tamu dengan 5 buah fields:

pada kolom Ekstra, pilihlah nilai auto_increment untuk field id & jadi kan sebagai primary key.

klik tombol simpan di bagian bawah halaman, dan tabel buku tamu sudah selesai…

Langkah keempat adalah membuat tabel Berita, caranya sama seperti membuat tabel lainnya. Berikut adalah rancangan tabel Berita dengan 6 buah fields.

sama seperti pada tabel buku tamu, pada kolom Ekstra, pilihlah nilai auto_increment untuk field id & jadi kan sebagai primary key.

tekan tombol simpan jika sudah selesai.

sekian saja dari perancangan database sederhana, kalian bisa menambahkan tabel lain seperti polling, yang tidak turut saya tampilkan di artikel ini.

Sekedar tambahan, untuk lebih mudah dalam meng-upload database ke dalam MySQL Server yang ada di server hosting, maka kita dapat mengexportnya dalam bentuk file sql. Caranya adalah, klik menu expor yang ada di halaman database kita.

Pada bagian Kompatibilitas terhadap pengeksporan SQL, pilih saja MYSQL323 agar daabase dapat dibunakan untuk semua versi.

Pada kolom struktur, beri checklist pada pilihan Berikut ‘HAPUS TABEL’.

Pada bagian bawah halaman beri check list pada “Kirimkan ke

klik Go untuk menyimpan.

file hasil export akan tersimpan pada folder backup yang anda inginkan. Rilenya akan berekstensi .sql, nantinya file inilah yang akan kita upload ke server hosting di internet.

Demikian artikel ini saya tulis berdasarkan hasil yang saya pelajari dari buku karya Bunafit Nugroho terbitan media-kita. Semoga dapat membawa manfaat bagi kita semua.

Salam hangat, Jaya Subagja

8 comments on “Merancang Database CMS Sederhana

  1. Klo aku gak ngerti cms tapi install wordpress langsung ke web.dan buat data base wordpress pake data base punya joomla… aku kebetulan bikinya pake ponsel doang,

  2. ijin copy buat belajar yah😀

  3. sepertinya aku masih perlu banyak belajar CMS nih thanks infonya bro,…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: